"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain"

Sampaikan kebaikan walau satu ayat

Sampaikan kebaikan walau satu ayat

Selasa, 17 Februari 2015

Sejarah, Perkembangan dan Pertumbuhan agama Kristen

Tidak ada komentar :
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
Agama merupakan sesuatu yang berhubungan dengan keyakinan, keimanan dan kepercayaan seseorang. Agama dan manusia memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya, karena agama sangat dibutuhkan oleh manusia agar manusia memiliki pegangan hidup sehingga ilmu dapat menjadi lebih bermakna.  Dalam pembahasan ini, agama dipandang dan diteliti tidak secara sepihak atau memandang agamanya lebih baik dan menghina agama lain. Namun, pemahaman agama di pandang secara obyektif mengenai kebenarannya dengan sikap yang relatif. Hal itu diperlukan beberapa pandangan atau pendapat dari beberapa para ilmuwan.
Dengan ilmu kehidupan manusia akan bermutu, dengan agama kehidupan manusia akan lebih bermakna, dengan ilmu dan agama kehidupan manusia akan sempurna dan bahagia.
Seiring perkembangan peradaban yang terjadi pada bangsa ini, maka akan semakin banyak pula tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan zaman dan kemunculan-kemunculan tersebut. Begitu pula dengan perkembangan agama Kristen di dunia seperti yang telah kita telah tau dewasa ini.
Perbedaan-perbedaan pedapat mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan serta pokok-pokok ajaran dalam agama Kristen telah banyak dikemukakan oleh para pengamat agama. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika dalam kehidupan masing-masing pribadi terjadi cobaan-cobaan yang tidak tersadari.
Dengan demikian kita sebagai generasi muda seharusnya bisa mengkaji dan mempelajari hal tersebut, sehingga tidak menimbulkan banyak pertanyaan mengenai kebenaran sejarah pertumbuhan dan perkembangan serta pokok-pokok ajaran dalam agama Kristen di dunia. Disamping kita untuk mengkaji dan mempelajarinya kita juga dapat memanfaatkannya sebagai sumber pengetahuan kita mengenai agama Kristen yang berkembang dewasa ini.
Tujuan dari kajian ini untuk mengungkapkan argumen-argumen yang logis, meningkatkan pemahaman agama dan memperjelas bahasan agama dilihat dari sudut pandang beberapa ahli dan ilmuwan di dunia ini.

1.2.Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah adalah :
1.        Bagaimana sejarah agama Kristen di dunia?
2.        Bagaimana pertumbuhan agama Kristen hingga masa kini?
3.        Bagaimana perkembangan yang telah dialami agama Kristen selama ini?
4.        Apa pokok-pokok ajaran dalam agama Kristen?

1.3.Metode Penulisan
Penulisan makalah ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Metode penulisan kualitatif adalah metode penulisan karya tulis dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber yang ada seperti sumber dari literatur-literatur buku dari berbagai judul dan pengarang, serta internet.


1.4.Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun dengan sistematika yang telah ada dengan tujuan sebagai berikut :
1.        Untuk memenuhi tugas sejarah pertumbuhan dan perkembangan serta pokok-pokok ajaran dalam agama Kristen yang telah diberikan oleh dosen pembimbing dan pengajar mata kuliah Sejarah Agama-Agama.
2.        Sebagai bahan pembelajaran dan pedoman pengkajian bagi mahasiswa-mahasiswi Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3.        Sebagai ilmu pengetahuan bagi seluruh masyarakat dalam kehidupan mereka agar mendapat hidup yang layak sesuai dengan ajaran Tuhan yang mereka percayai sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing.
4.        Untuk menambah wawasan dan pemahaman dalam bidang keagamaan Kristen selama ini, agar dapat diambil hikmahnya setelah mempelajarinya.
5.        Sebagai bahan pertimbangan untuk membandingan sisi positif dan negatifnya dari agama yang kita anut saat ini yaitu agama Islam.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1.SEJARAH AGAMA KRISTEN

            Bila membahas tentang sejarah agama ini, maka nama agama itu mengandung arti “orang yang diurapi” yaitu orang yang digosok dengan minyak suci. Karena kata “Kristen” mengandung arti orang-orang yang telah dibaptiskan dengan minyak suci. Dengan dibaptiskan tersebut orang telah diakui sah sebagai pengikut agama ini. Agama Kristen juga disebut agama nasrani, yaitu yang dikaitkan dengan ...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar