"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain"

Sampaikan kebaikan walau satu ayat

Sampaikan kebaikan walau satu ayat

Selasa, 17 Februari 2015

Hubungan takdir dengan SDM (Sumber Daya Manusia)

Tidak ada komentar :

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Takdir adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT yang telah dicatatkan dan harus dijalani oleh segala makhluk di dunia ini. Dalam rukun iman sudah ditetapkan dalam rukun iman yang terakhir yaitu iman kepada qadha dan qadhar. Hal ini berarti kita sebagai insan yang beriman harus mempercayai dan meyakini takdir Allah SWT serta menjalaninya dengan ikhlas dan penuh ikhtiar. Manusia dalam menjalani takdirnya memang dituntut untuk menjadi insan yang ikhlas dan tetap berhusnudzon pada Allah SWT. Dalam kaitannya dengan takdir, kami membuat makalah dengan ruang lingkup takdir yang berhubungan dengan sumber daya manusia. Bagaimana relasi antara takdir dan sumber daya manusia?
Dalam hal ini, manusia memiliki daya atau usaha untuk menjalani takdir Allah SWT. Dan tentu sangat ada kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia. Maka dari itu, salah satu alasan mengapa topik ini sangat penting dalam ketauhidan adalah karena didalamnya akan dibahas takdir yang bisa diubah dan takdir yang sudah mutlak dan tidak bisa diubah lagi oleh manusia,dan dalam bab pembahasan nanti akan dibahas secara jelas dan terinci bagaimankah takdir itu dijalani oleh manusia.
Keimanan seseorang tentang takdir sangat berpengaruh dengan kualitas sumber daya manusia. dalam konteks ini tergantung dengan Usaha, do’a dan ketaqwaan seseorang. Jadi, tidaklah semua orang memiliki kesadaran dan usaha yang sama dalam menyikapi takdir. Tentu memiliki perbedaan baik dalam hal keimanan, tawakal maupun hal lain yang ada kaitannya dengan ketauhidan. Namun hal ini tentu tidak lepas dengan kehendak Allah SWT. Ketika Allah sudah berkehendak manusia hanya bisa pasrah, berdo’a dan berhusnuzon bahwa dibalik cobaan yang diberikan Tuhan pasti ada hikmahnya.
Jadi, dalam topik ini kita sebagai insan muslim akan mengetahui tentang pengertian takdir beserta berbagai macam pembahasannya, kita bisa tahu bagaimana cara menyikapi takdir dan bisa mengetahui apakah takdir bisa diubah oleh manusia atau tidak.

1.2.            Perumusan Masalah
Dalam makalah ini, kami merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah pengertian takdir?
2.      Apakah pengertian Qadha dan Qadar?
3.      Apakah kaitannya antara sumber daya manusia dengan takdir?
4.      Bagaimana cara kita menyikapi takdir Allah SWT sebagai insan manusia yang beriman pada qadha dan qadhar?
5.      Apakah takdir itu bisa diubah sendiri oleh manusia?
6.      Bagaimana posisi manusia terhadap takdir?
7.      Seperti apakah pendapat-pendapat tentang takdir?

1.3.            Metode Penulisan
Penulisan makalah ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Metode penulisan kualitatif adalah metode penulisan karya tulis dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber yang ada seperti sumber dari literatur-literatur buku dari berbagai judul dan pengarang, serta internet.



1.4.            Tujuan Penulisan
Makalah ini kami tulis dengan tujuan sebagai berikut :
1.      Pembaca menjadi lebih mengetahui tentang konsep takdir dan ruang lingkupnya.
2.      Meningkatkan keimanan sebagai muslim yang taat pada agama terkait dengan iman kepada takdir (qadha dan qadhar)
3.      Memahami tentang bagaimana manusia menyikapi takdir Allah SWT.
4.      Menumbuhkan rasa syukur dan husnudzon pada takdir Allah SWT.
5.      Mampu memahami relasi antara takdir dengan sumber daya manusia.
6.      Mampu memotivasi agar menjadi pribadi yang taat akan rukun iman dan mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari.
7.      Makalah ini juga ditulis untuk memenuhi tugas kelompok yang harus diselesaikan.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Pengertian Qadha dan Qadar

Kalangan ulama ilmu akidah menyebutkan beberapa makna al-qadha dan al-qadar yang berkaitan dengan syariat. Disini kami memilih dua tafsir, yang kami nilai lebih tepat dengan zahir al-Qur’an dan Sunnah. ...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar